Senin, 19 November 2012

Kekuatan maha dahsyat social media

Well, im not really have knowladge and theory about this fenomena yaa.
Tapi dari kacamata Anne Reza SM. seorang sarajana manajemen dibidang marketing yg sedikit kecil agak banyak tau dunia marketing, aku mau share sesuatu tentang kekuatan mahadahsyat cinta, eh social media maksudnya.

And here we go!
Lets talk about twitter!
Sebuah social media yg masih tergolong baru kalo dibandingin dengan facebook.
Sekilas tampilan dari twitter itu simpel yah. Dan hanya sebatas 140 karakter aja. Tapi menurut aku kekuatannya dahsyat lo!

Let see what can twitter do!

Jaman ice cream magnum muncul, dont you remember! Iklan nya emang kayak nunjukin kelezatan es krim itu. Tapi aku pribadi sebagai peconta es krim dan coklat ga terlalu interest! Yaa palingan ngiler dikit2 hehee.
Tapi begitu tiba2 ada seseorang yg ngetwit "magnum ini emang beda! Coklatnya lembut dan enak banget!!" langsung deh jadi penasaran! Dan makin penasaran lagi ketika ada yg ngetwit "susah bener deh nyari magnum! Padahal katanya enak banget lo" makin penasaran lah aku! Dan ditambah dengan ocehan2 para penduduk twitter lainnya tentang kelangkaan magnum, tambah doble doble rasa pengen tahunya! Hingga akhirnya datanglah ke indomaret beli magnum yg ternyata lg kosong stocknya! Ikutlah aku ngetwit "magnum kosong mulu! Jadi penasaran!"  yg pastinya dibaca sama followers ku. Yg efeknya semakin menyebarlah itu virus magnum! Yg pada akhirnya ketika magnum mulai beredar di pasaran, langsung diserbuuuuu!

Secara teori aku belum bisa ngebuktiin sih tentang efektifitas twitter untuk kasus ini. But it was happen!

Ok let me give you another story about how strong twitter.
Contoh kecil aja. Ada seorang temen yg cuma nyeletuk di twitter "mama pulang kanor bawa shampo tresme yg lagi promosi di kantor mama. Dan pas di coba ternyataenak! Halus jadinya rambutku" nah lo! Iklan produk itu sendiri pum menyatakn kalo dia emang produk perawatan salon. Tp ga banyak orang yg bisa percaya gitu aja hingga akhirnya mau beralih ke shampo itu. Tp begitu ada seorang temen yg bilang gitu, munculah temen yg lain yg nanya apa bener shamponya oke. Dan dijawablah kalo emang oke. Dan percakapan mereka ini pun bisa terbaca oleh teman yg lain. Hingga akhirnya iseng dicoba lah. Dan ketika tau emang enak, akhirnya nyeletuk lah itu teman yg lain di twitter ttg keenakan shampo tresme. Yg akhirnya kebaca deh sama followers nya. Dan akhirnya teman yg laun imhtan, dan akhirnya akupun ikutan juga. Misalnya aku ikutan commen di twitter pasti tambah banyak tu yg ngikut. Bahkan ada salah satu temen ku yg ternyata jg nyoba shampo ini gara2 efek twitter! See??

Oke another story. Ada seorang selebtwit. Well selebtwit ini semacam selebritis, to di dunia twitter. Followers nya yg banyak gitu. Ada salah satu dari mereka yg sebenernya cuma sharing ttg sebuah kosmeik jepang yg baru masuk di indonesia. Dan akhirnya para followersnya pun bertanya ttg keefektifan produk tersebut. Dan akhirnya pada ikutan beli. At least itu nimpa aku juga. Aku jd penasaran juga gara2 baca twit itu. Yg akhirnya berujung aku jd searching2 ttg ke-oke-an produk itu. Jadi seenggaknya gara2 twitter produk tersebut jadi selangkah lebih teringat di otak dan menggugah rasa penasaran.

Ada juga kasus lain. Bapak jokowi! Do you know why he became so famous? Not because he is governor, but because twitter! Awalnya aku cuma sekedar tau jokowi aja. Cuma tau namanya. Tapi gara2 twitter! Banyak yg ngomongin dia entah baik buruk, yg akhirnya bikin kita lebih mengenal sapa dia. Semakin dijelek2an semakin rame twitter dan semakin terkenal lah dia.

Yaahh gitu lah intinya. Masih banyak lagi kasus2 lain. Intinya i cant say about theory! Well it isnt thesis. Its just blog yg semuanya aku liat dari realita. Teori sih pernah sedikit banyak baca, tapi ga berani ngungkapin disini. Takut salah hhihiii.

Oke see you :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar