Senin, 19 November 2012

Trik trik biar lolos tahapan tes kerja

Ini ceritanya mau berbagi tips ini.. Walopun belum lolos, tp seenggaknya aku punya pengala,an yg bisa di share nih..

Baiklah, jadi ceritanya, beberapa waktu yg lali, aku apply MT di Frisian Flag. Salah satu perusahaan gede meennn..
Dan disitu ada beberapa tahapan yg harus dilalui, yaitu :
1. Tes tulis. Well hal yg biasa lah yaa di tiap perusahaan pasti ada beginian nih. Kalo tahap awal nya interview dulu, berarti tu perusahaan ngeliat fisik dulu (ini sepengalamannya aku lo ya hhihi)
2. Focus Group Discussion (FGD). Ini cara mainnya ya kayak FgD biasa, dikelompokin, trus kita disuruh diskusiin suatu topik. Tips nya buat tahapan ini sih, kalo bisa jadilah pembuka. Tapi kalo ga bisa, cobalah memunculkan suatu ide baru. Dan kalo kamu ga setuju sama ide orang! Coba ungkapin alasannya dan kasih solusi.
3. Interview HRD. Untuk bagian ini! Percaya diri aja sih. Karna yg ditanyain seputar CV kita aja. Dan seleksinya ga terlalu ketat macem interview akhir.
4. Tes kesehatan. Frisian flag ini agak nyeleneh sih, jadi tes kesehatan dulu kita. Kalo uda sip, lanjut ke tahap berikutnya.
5. Tahap ke 5 ada profiling. Profiling ini semacam psikotest yg mendalam. Dimana kita juga bakal di interview sama psikotes. Kalo tahap ini sih masalah cocok ga nya personality kita sama jabatan yg dituju.
6. Ini tahap terakir nih. Interview direksi!, 4 prang direksi! 3 bule dan 1 indonesia! Giilllzzzz full english meenn. Dan pada tahap ini bener2 cocok2an sih. Sama kalo ngadepin bule, harus menunjukan FaKTA yg bener! Jangan asal nyeplos tapi salah! Apalagi perusahaan besar itu biasanya ga memaksakan kehendak. Jadi kalo dia butuh 3 orang buat ngisi posisi, tp yg pas cuma 1, ya diambil 1 aja! Bener2 harus siap makan ati di stage ini!!
Bisa dibayangin lah ya, pas aku di posisi ini, ada 6 orang yg interview. Dan yg lolos cuma 1! Padahal yg dibutuhin 3! Patah hati banget!!

Anyway, ada juga sih tips2 lain. Ketika ngelamar di suatu perusahaan! Coba cari tau para karyawannya tu gimana sih. Kalo karyawan nya yg pekerja keras dan penampilannya "nerd" coba deh kamu berpenampilan yg nerd juga. Ya ga harus nerd banget sih. I mean dont be too stylish! Karna bisa2 mereka mikir kamu cuma anak manja yg bisanya dandan tapi ga tahan banting!
Tapi kalo karyawannya masih yg gaul2 gitu ya aman siihh.

Jadi berpenampilan lah yg rapi! Tapi ga usah too much juga. Dan yg terpenting cari tau sedalem2 nya ttg perusahaan yg mau dituju.

Good luck :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar